top of page
Search
  • dedeberber

Kue Natal Khas dari Belanda dan Negara Eropa Lainnya

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa "Natal adalah waktu yang paling indah tahun ini". Ya, setidaknya itulah yang saya rasakan.


Sangat menyenangkan untuk mendengarkan lagu-lagu Natal, mengamati ornamen Natal yang indah dan pernak-pernik, mencari hadiah untuk orang yang dicintai, dan tentu saja: makan kue! Tidak dapat dipungkiri bahwa tradisi Natal di Indonesia dipengaruhi oleh budaya Eropa, salah satunya adalah budaya Belanda. Karena secara tidak sengaja keluarga saya merayakan Natal dan masih ada banyak "penatua" yang bingung, sehingga beberapa kue Natal khas Belanda sudah tidak asing lagi bagi saya.


Meskipun ada juga beberapa kue Natal dari negara-negara Eropa lainnya. Klikers, berikut adalah kue Natal khas Eropa yang dapat memeriahkan pesta Natal Anda:


Speculaas



Speculaas adalah salah satu kue Natal khas dari Belanda. Specula Biscuit ini menggunakan spekkoek dan gula aren mentah. Rasanya manis dan pedas dengan tekstur renyah.


Awalnya, biskuit speculaas ini dibuat untuk memperingati Hari Sinterklas yang jatuh pada 5 dan 6 Desember. Karena specula ini biasanya dibuat menyerupai penampilan Santa. Produk ini dicetak menggunakan cetakan kayu.


Kue Amandel (Amandelbroods)


Nah, ini kue Natal dari bahasa Belanda favorit ayahku! (Dan sekarang kue favorit saya juga). Saya sempat bertanya, mengapa disebut amandel? Rupanya ini berarti bahwa amandel adalah almond dan amandelbrojes dapat diartikan sebagai "almond roll".


Amandel ini dibuat dari puff pastri yang dilapisi dengan almond (ada yang dibuat dengan kacang tanah), telur dan gula. Rasanya sangat lezat. Bagi Anda yang ingin mencicipi kesenangan Amandelbroodjes, Anda bisa pergi ke restoran Braga Permai di Jalan Braga, Bandung.


OliebollenOliebollen


Oliebollen adalah kue khas Natal dari Belanda yang sering dijuluki donat Belanda. Olibollen sebenarnya adalah camilan Belanda dan Belgia (di Belgia dikenal sebagai smoutenbollen).


Oliebollen terbuat dari gandum, telur, inti, susu, baking powder, garam dan biasanya ditambahkan kismis dan irisan apel. Campuran ini kemudian berbentuk bulat dan digoreng.



Stollen


Stollen atau Christstollen adalah kue Natal khas Jerman. Stollen sendiri artinya terowongan. Istilah ini biasanya digunakan oleh pekerja tambang. Kue Christollen ini berbentuk seperti terowongan menggambarkan bayi Yesus dibungkus kain lampin putih.


Kue-kue ini dari abad ke-14 pada awalnya disiapkan selama Adven puasa di biara-biara. Bahan-bahannya termasuk tepung, ragi, dan air. Saat itu mereka tidak menggunakan gula karena terlalu mahal. Setelah beberapa waktu, Heinrich Drasdo, seorang tukang roti yang mulia dari Saxony mengusulkan agar adonan Christollen diperkaya untuk disajikan pada perayaan Natal. Adonan Christollen kemudian ditambahkan dengan mentega, susu, gula, telur, dan juga almond, buah-buahan kering dan kismis. Christstollen ini kemudian ditaburi dengan gula halus di permukaannya.


Jan Hagel


Jan hagel (baca: yahn hagel) adalah kue Belanda yang biasanya disajikan saat Natal, tetapi di Indonesia, ada juga yang melayani saat Idul Fitri.


Bentuknya bisa persegi, persegi panjang, atau persegi. Kue ini memiliki ciri khas di bagian atas yang ditaburi dengan kenari yang diiris panjang. Jan hagel juga enak dimakan dengan es krim, mousse, atau dinikmati dengan secangkir kopi.


Buche De Noel


Buche de Noel (atau Yule Log) adalah hidangan penutup tradisional Prancis yang biasanya disajikan pada waktu Natal. Kue ini sangat unik karena bentuknya mirip batang pohon. Kue tradisional Buche de Noel ini telah ada sejak abad ke-12 di Prancis. Kue ini menggambarkan kebiasaan penduduk setempat yang menebang pohon Yule.


Bagian atas pohon Yule disajikan dengan pohon Natal sementara bagian bawahnya terbuat dari perapian kayu. Buche de Noel sendiri biasanya terbuat dari roti gulung dan selai buah, yang bagian luarnya dilapisi dengan krim mentega coklat untuk membentuk serat kayu dan daun dari marzipan. Bagi Anda yang tertarik, sudah ada sejumlah toko kue di Jakarta yang menjual Buche de Noel.


Panettone



Panettone adalah salah satu kue Natal khas dari Milan, Italia. Panettone adalah roti manis yang biasanya disajikan pada perayaan Natal dan Tahun Baru. Panettone bahkan merupakan simbol kota Milan.


Roti panettone ini pertama kali dibuat di Milan pada abad ke-18. Panettone sendiri berasal dari kata pane di tono, yang berarti "kue mewah" karena pembuatannya sendiri menggunakan bahan-bahan lezat seperti mentega, telur, susu, kismis, kulit jeruk parut, dan kacang-kacangan. Panettone memiliki bentuk seperti kubah dengan ketinggian sekitar



155 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page